Selasa, 03 Februari 2015

Investasi Tanah Kavling

Kebutuhan akan tanah untuk membangun rumah, membuat harga tanah semakin meningkat tajam. Tingginya permintaan akan kavling tanah juga meningkat tajam, bahkan harganya sering tidak masuk akal. Bayangkan tanah gersang yang dikavling bisa berlipat nilainya saat dibuat untuk membangun rumah.



Memang investasi di tanah kavling ini tidak akan rugi, bahkan sangat menguntungkan. Misal bila anda memiliki tanah menganggur di belakang rumah, tinggal dibuatkan satu meter akses jalan, maka tanah tersebut bisa dikavling dan dijual dengan harga berlipat. Ini adalah investasi yang tidak akan pernah rugi.
Biasanya memang tanah kavling dinilai berdasarkan permeter, jadi tinggal mengalikan dengan luas tanah, maka nilainya bisa ditebak menjadi sangat tinggi. Ini bila dibandingkan dengan harga tanah yang kosongan tanpa bentuk. Memang butuh sedikit rekayasa tempat dan akses jalan, saat membuat tanah kavling. Kadang ongkos investasi tanah kavling bisa tinggi bila lokasinya kurang tepat, misal terlalu jauh dari akses jalan, sehingga mengorbankan lahan cukup luas untuk akses ke tanah kavling. Namun biasanya tetap menguntungkan.
Investasi tanah kavling untuk perumahan
Biasanya kebutuhan paling tinggi memang tanah kavling untuk perumahan. Permintaan akan kebutuhan tempat tinggal memang akan tetap tinggi, karena pertambahan penduduk akan selalu ada. Juga orang menyukai investasi di property, kadang mereka memiliki rumah lebih dari satu untuk investasi.

Lahan yang akan dikavling memang harus diperhitungkan bila akan digunakan untuk perumahan. Paling tidak harus memiliki akses jalan, sukur-sukur truk bisa masuk ke lokasi, sehingga mempermudah proses pengurukan tanah dan saat membangun rumah nantinya. Namun biasanya semakin baik akses jalan, juga bisa mendongkrak harga kavling tanah menjadi lebih tinggi.
Investasi tanah kavling untuk toko
Tentu saja lokasi tanah kavling harus di pinggir jalan, sukur-sukur lokasinya strategis. Ini akan mendongkrak harga tanah kavling semakin tinggi, jauh lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan tanah kavling untuk perumahan. Bahkan bisa untung berlipat lipat bila dilengkapi beberapa fasilitas. Biasanya memang akan menguntungkan lagi bila tanahnya yang dipakai sudah tidak produktif lagi.

Memang butuh waktu untuk investasi di tanah kavling, setidaknya harus disiapkan jauh hari. Saat kondisi tempat masih sepi, biasanya harga tanah masih murah. Seiring berkembangnya waktu, lokasi akan semakin ramai dan harga tanah akan meningkat dengan tajam. 

Sumber : http://tipsta.blogspot.com/2013/06/investasi-tanah-kavling.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar